Friday 29 June 2018

Bahas Jerawat bersama Dewi Kauw (Owner @skindewi)

Hai semuanya, 
Berhubung hasil polling kemarin di Instagram ternyata lebih banyak yang ingin aku sharing pembahasan mengenai jerawatku di blog post aja, jadilah hari ini aku buat post khusus bahas detail tentang jerawatku dan informasi serta tips - tips dari Ci Dewi. Buat yang belum familiar, Ci Dewi ini merupakan owner sekaligus pembuat produk skincare organik di Indonesia dengan nama Skin Dewi, bangga banget ya dengan perkembangan produk lokal. Skin Dewi ini termasuk produk - produk yang cukup "mahal" dalam golongan produk lokal, namun jangan salah, produknya bagus dan inovatif banget!

Nah awalnya gimana sih kok akhirnya aku bisa bahas jerawat dengan Ci Dewi?
Skin Dewi ini lagi mengadakan campaign #1MAcneFreedom (re: One Million Acne Freedom, coba deh cek kesini) dimana ditujukan pada orang - orang yang memang mempunyai masalah jerawat. Ci Dewi ini bersedia banget untuk konsultasi 1-by-1 dengan kalian yang punya masalah jerawat. Ci Dewi ga tanggung - tanggung kasih informasi yang lengkap dan jelas yang ga cuma ngomongin tentang produk tapi juga faktor lain yang bisa mempengaruhi jerawat itu sendiri, salah satunya kesehatan kita. Nah kebetulan memang kemarin ini pada akhirnya aku memposting muka bare face aku yang dalam kondisi tidak mulus. Masalahku dari dulu memang jerawat, yang kemudian meninggalkan bekas dan masalahku bertambah menjadi bekas jerawat juga. Di postingan itulah (cek postingan disini) kemudian Ci Dewi ini meninggalkan komentar seputar informasi campaign ini dan aku bersedia berpartisipasi. Ci Dewi bilang goal dari campaign ini untuk empower 1 million people to heal themselves from acne, karena kuncinya ya mereka yang menyembuhkan diri mereka sendiri karena ga ada obat ajaib diluar sana, dan juga butuh waktu dan usaha tapi pada akhirnya bisa dilakukan. Ci Dewi juga telah membantu beberapa orang dalam prosesnya dan kuncinya yaitu mencari tahu dulu apa penyebab jerawatnya, lalu baru dikerjakan gimana caranya (beberapa orang kasusnya ternyata dari pencernaan, hormon, stress, dan lain sebagainya). Ci Dewi ini percaya bahwa masalah kulit bisa membaik dengan dipengaruhi oleh 80% secara internal 20% dari produk skincare.

Sebetulnya apa sih penyebab jerawatku ini?
Berbagai macam faktor. Tapi mungkin yang kelihatan adalah hormon yang kurang seimbang dan pencernaan (Aku baru tau kalau mungkin ada masalah pencernaan berdasarkan ci Dewi, kalau hormon memang dari dulu aku tau masalahku tentang hormon ini dimana akhirnya jerawat selalu datang dan pergi). Lalu aku juga sadar betul, beberapa kali secara berturut - turut tidur malam, bisa muncul jerawat juga -> Dan untuk hal ini Ci Dewi menyarankan untuk boost liver health. Ci Dewi juga sempat tanya apa pola makanku cenderung berminyak atau tidak seperti gorengan? Dan aku bilang iya, Ci Dewi bilang rasanya badanku kurang bisa metabolize "lemak"nya karena kelihatan dari pori - pori, dan juga Ci Dewi tanya apakah aku minum air cukup atau tidak, karena kelihatan quite a bit congestion di kulitku. Selain itu aku juga bilang ada clogged pores di daerah dagu dan Ci Dewi bilang bagian dagu adalah hormonal, berarti hormonku belum seimbang, masalahnya aku harus cari tahu hormon apa yang kelebihan atau kekurangan baru kemudian bisa dinormalisasi, juga balik lagi ke liver health karena liver yang sehat bisa bantu kontrol hormon (balik lagi mungkin liverku kurang sehat, salah satu indikasinya adalah dengan kurang tidur aja bisa timbul jerawat). Untuk jerawat pada daerah pipi, menurut Ci Dewi biasanya adanya food sensitivity dengan itu bisa diketahui pasti dengan tes IGG, dari situ nanti kelihatan makanan apa yang bermasalah dan coba dihindari selama 3 bulan baru pelan - pelan dikenali lagi, minum enzymes dan probiotik juga membantu. Coba 3 bulan dulu seharusnya terlihat perbedaannya, begitu kata Ci Dewi.

Apa saran Ci Dewi mengenai kondisi jerawatku?
Ci Dewi pertama bilang sepertinya aku boleh mulai untuk minum daily probiotic ketika pagi perut kosong dan juga enzymes sebelum makan untuk bantu digestion. Lalu untuk boost liver bisa dengan minum temulawak atau jamu untuk liver. Untuk lemaknya bisa dengan black tea/ teh hitam untuk bantu "cuci lemak" setelah makan gorengan. Sedangkan untuk produk skincare lanjutin aja tapi jangan dengan banyak step (kebetulan memang kulitku suka minimal routine), soalnya kata Ci Dewi pori - pori aku sudah tersumbat, takutnya kalau pakai banyak produk malah semakin tersumbat, yang penting step cleansing sudah benar, toning, dan light moisturizer sudah cukup. Ci Dewi juga menyarankan untuk perbanyak makan cruciferous vegetables.



Aku sempat tanya juga mengenai air lemon yang diminum pagi hari saat perut kosong, Ci Dewi bilang ini boleh juga bantu untuk alkalized.
Metode air lemon yang disarankan:
- Siapkan botol minum supaya bisa kontrol berapa banyaknya yang diminum
- Sehari minum 1 butir lemon - pagi hari squeeze 1/2 lemon dalam 1 botol air (cari botol 1L gitu) dan sisa lemonnya cemplungin sekalian. Sebaiknya air ini dihabiskan sebelum jam makan siang, jadi minum sedikit - sedikit tapi sering.
- Ketika jam makan siang airnya habis, refill botol 1L lagi dan squeeze the remaining 1/2 lemon yang tadi masih ada. Harus habis lagi airnya sebelum makan malam.
- Setelah makan malam sampai jam tidur, coba untuk minum 500 ml sampai 1L lagi.

Oh ya, aku juga ada sakit maag dimana oleh karena itu bagus untuk konsumsi makanan yang alkaline. Contohnya dibawah ini.






Aku sempat tanya, Ci, kalau probiotik seperti yogurt gitu ga cukup ya?
Yogurt is dairy (aku juga rasa sepertinya aku kurang cocok dairy, bisa jerawatan kalau kebanyakan), jadi harus pilih yang non-dairy. Lalu aku tanya, bagaimana dengan yakult? Lebih baik kombucha, kiffer (ini dari kelapa, kalau kefir dari susu kambing -> termasuk dairy juga), kimchi, anything fermented is good. Kalau senang kombucha, sekalian aja beli jamu temulawak.

Lalu gimana nih dengan bekas jerawatku?
Ci Dewi menyarankan boleh juga aku untuk minum Zinc karena zinc bisa bantu healing scar. Kalau tidak mau kebanyakan minum suplemen bisa cari juga vit c yang mengandung zinc sekaligus.

Kesimpulan
Produk memang berpengaruh untuk membuat perubahan, tapi kita perlu mengerti dulu kebutuhan kulit apa dan yang tidak butuh apa, just listen to it. Sekarang coba perbaiki dari dalam dan ketika nanti ada hasil baru dibantu boost dengan produk. Untuk produk, pilih oil cleanser yang bagus dan second cleanser yang mild, lalu pilih produk - produk dengan concern untuk soothe and hydrate the skin dan yang unclogging pores. Jangan terlalu berat ataupun terlalu mengeringkan. Untuk penggunaan makeup cari yang tidak buat clogging dan pastikan cleansing methodnya benar, tapi kalau tidak terlalu butuh makeup lebih baik jangan agar kulit bisa bernapas.

Jadi yang aku lakukan setelah berbincang dengan Ci Dewi yang pertama adalah mengontrol makananku! Aku mulai makan lebih banyak sayur dan cut dairy (ga lagi minum kopi susu, hanya teh dan air putih!), untuk suplemen masih dalam pencarian hehe. Semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian yang mungkin mengalami kondisi yang hampir serupa, jerawat yang tak kunjung usai masanya, dan kalau kalian merasa postingan ini bermanfaat boleh bantu dishare yah, kita sama - sama dukung gerakan #1MAcneFreedom juga agar goal Ci Dewi bisa tercapai dan banyak orang yang bisa terbantu dengan adanya campaign ini :) Wish me luck juga for my progress, semoga bisa berhasil.


Jangan lupa mampir ke Instagram @skindewi atau ke websitenya!

No comments:

Post a Comment

Hi, I'd love to read all your thoughts or anything else. Just comment and I'll try to reply as soon as possible. Thank you for visiting my blog and supporting me, have a great day everyone :)