Friday 2 February 2018

[BAHASA INDONESIA] MY ACNE STORY PART 1// 10 Step Korean Skincare to Minimal Skincare Routine❤

HAPPY NEW YEAR!
I know I'm late but it's better than never right? I'm so sorry I haven't posted for a while because I'm currently working on my thesis. By the way today's post will be in Bahasa Indonesia ya!

Aku harap post ini bermanfaat untuk para pembaca dari Indonesia. Dari cerita - cerita yang aku tau, banyak yang struggle juga dengan jerawat karena kondisi cuaca di Indonesia atau polusi atau segala faktor lainnya. I feel you guys karena aku juga minder dan malu kalau ketemu orang bare face jerawatan hehehehe.


AWAL MULA KISAH JERAWAT
Yaaaak, jadi para pembaca sekalian sebelum memulai lebih lanjut aku akan cerita sedikit mengenai kondisi kulit aku. I'm combination acne-prone dan oleh karena itu permasalahan utama aku adalah jerawat dan juga bekasnya. Dulu pas awal masuk kuliah kulit aku masih mulus hanya memang bekas jerawat dari SMP masih samar kelihatan. Tapi ketika masuk tahun 2016 tiba - tiba aku mulai jerawatan lagi dan habit jelek aku adalah suka banget pencetin jerawat! Alhasil bekas jerawat makin banyak dan ternyata jerawatnya tumbuh terus gitu.
Tahun 2016 itu juga tahun dimana 10 Step Korean Skincare lagi mulai trend dan booming banget, sebelum puncak boomingnya aku mulai cari - cari obat jerawat dan ketemulah dengan produk COSRX. Waktu itu yang jual COSRX masih sedikit banget dan aku dikasih tau yang jual untuk coba COSRX BHA Returning A-Sol tapi merasa ga ngefek dan emang dasar orangnya penasaran, aku cari lagi tuh COSRX Centella Blemish Cream dan segala jenis produk dari COSRX yang katanya bagus banget buat jerawat. Terus sebelumnya memang aku ga pakai produk macem - macem, jadi pas jamannya 10 Step Korean Skincare booming langsung beli produk supaya bisa jadi lengkap 10 Step Korean Skincare rutinnya! (Kemakan iklan banget ga sih LOL). Singkat cerita tapi 2 produk COSRX yang aku sebut di atas tidak cocok di kulitku.

Sayangnya waktu itu pengetahuanku minim, jadi hanya murni modal nekat coba - coba + ilmu minim aja, tapi untungnya aku orangnya cukup konsisten, ga bosenan gitu selama masa percobaan pakai produk, padahal bisa makan waktu 20 menitan cuma buat skincare rutin itu. Naaaaah, setelah nyoba berbagai macam produk jerawat ini tetep ga ilang kaya occasional breakouts gitu jadi hari ini ilang eh 2 hari lagi bisa nongol. Waktu itu aku mikir "gila dalam 30 hari gue bisa ngerasain punya kulit bebas jerawat cuma 1 hari doang masa gitu sih". Tapi waktu itu aku pikir memang produknya aja yang ga cocok atau nyoba produknya dalam jangka waktu yang terlalu sebentar. Akhirnya aku tetep terusin sampai akhir tahun 2016.

Sampailah ke suatu saat di 2017, pipi aku mulai nongol jerawat (FYI, sebelum muncul di pipi, jerawatku cuma sebatas di jidat aja. Pipi dan daguku bersih mulusssshhhh beneran ga pernah ada jerawat sama sekali). Pas nongol satu, tau - tau kaya nyebar, satu baik eh ada lagi di pipi juga dan seterusnya. Akhirnya mamaku bilang "Tuh gara - gara nyoba banyak - banyak sih jadinya pipi sekarang jerawatan juga" tapi aku juga bingung mau bilang apa karena aku ga tau kenapa kok sekarang malah pipi juga jerawatan dan jerawatnya itu bruntusan + ada yang ga bermata gitu. Tadinya baik - baik aja taunya jadi bruntusan pasti kaget dong dan mau tau penyebabnya (walaupun pada akhirnya tetep ga nyadar sih penyebabnya apa hahaha). Nah tapi di tahun 2017 ini Youtuber Liah Yoo mulai buat topik Minimal Skincare Routine. Tadinya aku takut coba, aku pikir masa kulit yang udah dikasih supply nutrisi banyak tiba - tiba disuruh diet, karena kalau cut off skincare gitu takutnya jadi ga optimal dan sebagainya. Tapi setelah mikir lagi ga ada salahnya coba, dan baca orang banyak yang efek juga untuk jerawat dengan skincare diet, akhirnya pelan - pelan aku mulai kurangin produk yang aku pakai, hingga sekarang aku cuma pakai 3 STEP AJA!!

CARA MENGATASI
3 step mencakup (Toner - Serum - Cream) kalau siang ya ditambah sunblock dan eye cream. Kalau malam ditambah obat totol jerawatnya. Sebelum bahas produknya lebih detail, aku selesaiin dulu ceritanya ya. Setelah 2 tahun lebih ganti produk sana sini googling dan baca review, akhir tahun 2017 kemarin kulitku mulai stabil, jerawat semakin jarang datang dan aku mulai bisa merasakan berhari - hari my skin in a good state. Aku mau bagi tips apa aja sih yang perlu diperhatikan?
1. Perbaiki pola makan minum
2. Perbaiki pola tidur
3. Perhatikan produk yang dipakai

Ini ga cuma sekedar wacana, tapi ini beneran ngefek banget ke kulit. Aku soalnya pernah nge-test, waktu lagi seringnya minum kopi susu, bisa jerawatan lagi. Terus pas lagi tidurnya rada malam selama berhari - hari, muncul jerawat lagi. Jadi semua memang harus imbang gitu ga boleh terlalu berlebihan, akhirnya aku siasatin dengan minum jus dan teh hijau setiap hari. Kalian tau kan teh hijau punya anti oksidan? Nah dari anti oksidan si teh hijau ini yang bagus untuk kulit. Setelah aku mulai rajin minum teh hijau setiap hari dan minimal skincare rutin akhirnya aku lihat mulai ada imrpovement. By the way, teh hijaunya bebas merk apa saja ya, cuma aku minum yang merknya tulisan jepang, kalau di supermarket sekitar Rp 100.000an untuk 100 pcs.

Selanjutnya setelah makan minum udah oke, perbaiki pola tidur. Jangan terlalu malam kalau tidur karena malam adalah waktunya kulit bekerja regenerasi dan sebagainya, kalau kita tidur terlalu malam kulit jadi ga optimal kerjanya. Terus pastikan sering ganti sarung bantal ya, atau kalau repot ganti, aku pakai tissue untuk lapis jadi kulit muka ga langsung kena ke sarung bantal tapi ke tissue yang setiap malamnya diganti. Aku pakai tissue merk Plenty, enak banget tebal dan ga mudah sobek.

Yang terakhir adalah perhatikan produk yang dipakai terutama ingredientsnya! Ga semua orang pasti cocok dengan produk yang ampuh untuk aku dan begitu pula sebaliknya. Pastikan kalau coba produk baru patch test dulu yaa, walaupun kalau sampai ga cocok nyesek banget sih hahahaha. Selain itu juga double cleansing jangan sampai lupa ataupun malas!! Yang penting adalah kulit yang bersih dulu baru segala skincare bisa bekerja dengan baik, kalau base-nya aja kotor gimana hasilnya. Double cleansing bisa dengan macam - macam produk tergantung kebutuhan dan kecocokan kulit kalian ya.

Nah kira - kira segitu dulu deh sharingnya, ntar kepanjangan pada bosen lagi hehe. Untuk produk yang aku pakai apa saja sampai sekarang akan ada di PART 2 yaaaa, stay tuned! Jangan lupa follow Instagram aku @gegeciella ya atau langsung KLIK DISINI karena aku akan post produk lainnya juga seputar skincare! Sampai bertemu di PART 2 yaa!!




Have a nice day
xx,
Grace

1 comment:

  1. hayy kaa thank u banget udh share acne storynyaa dan ini relate bgt sama kondisi aku sekarang. klo boleh tau skincare products yg skrg dipake apa aja ya?

    ReplyDelete

Hi, I'd love to read all your thoughts or anything else. Just comment and I'll try to reply as soon as possible. Thank you for visiting my blog and supporting me, have a great day everyone :)